Kamis, 15 April 2010

Mengetik bahasa arab dengan mudah

Ada sebuah software menarik yang mempermudah kita dalam menulis arab pada windows yaitu fontboard. Dengan software ini ketika kita mengetik A muncul alif, B muncul Ba, T muncul Ta, dan seterusnya.

Sebelum menginstal software ini pastikan anda telah menginstall font Arabic di windows, caranya:

1. Masukkan CD Windows XP
2. Masuk Ke Control Panel – Date, time, language,and regional options – Regional and language Option sampai muncul jendela pengaturan, kemudian klik language, maka akan muncul:


3. Check List pada Install Files for complexs script and right-to-left languages

4. Klik apply. 

5.Jika sudah, sebaiknya computer restart dahulu.

Setelah itu, silahkan install software fontboard.
Kemudian masuk ke Control Panel – Date, time, language,and regional options – Regional and language Option. Kemudian pada tab languages, klik Details! Maka akan muncul tampilan berikut:


Kemudian klik add! Akan muncul jendela baru. Pada Input language, silahkan pilih Arabic (terserah mau pake Negara apa), yang penting pada Keyboard layout/IME pilih Arabic ASDF (boleh eastern boleh western). Klik OK! Selesai, alhamdulillah..
Silahkan buka software pengolah kata antum semisal openoffice writer atau Ms. Word. Silahkan dicoba!
* Untuk mengatur pilihan bahasa, silahan pilih pada language bar. EN berarti tulisan latin, AR berarti tulisan bahasa arab.
* Untuk melihat urutan atau aturan letak tulisan arab lihat pada penjelan softwarenya di start – all programs – fontboard – Arabic ASDF Keyboard.
silahkan diunduh:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Ping

Computers Top Blogs Computers Blogs My Ping in TotalPing.com pingoat_9.gif