Senin, 01 Maret 2010

Kalkulator Zakat Gaji

Perhitungan Zakat
Perhitungan zakat yang digunakan oleh Kazaga adalah dengan mengalikan persentase zakat dengan sisa pendapatan bersih (jumlah pendapatan bersih (gaji+pendapatan bersih lainnya) dikurangi total pengeluaran kebutuhan dasar dan total hutang).
Persentase zakat pada umumnya adalah 2.5%, namun anda dapat merubahnya sesuai keadaan anda. Sedangkan untuk menentukan kewajiban zakat, Kazaga membandingkan sisa pendapatan bersih dengan nilai nisab.

Nisab adalah sebuah nilai untuk menentukan apakah pendapatan seseorang (dalam hal ini sisa pendapatan bersih) wajib dikenakan zakat. Apabila sisa gaji bersih kurang dari nilai nisab maka tidak diwajibkan untuk membayar zakat, namun apabila menyamai atau melebihi nilai nisab maka diwajibkan untuk membayar zakat.

Nilai nisab diperoleh dengan mengalikan harga pasar emas murni yang berlaku di hari pembayaran zakat dengan berat minimum emas murni. Ada berbagai macam pendapat mengenai berat minimum emas murni yang digunakan, namun Kazaga menggunakan berat 94 gram sebagai batas minimum berat emas murni. Dalam perhitungannya nanti anda dapat merubah berat minimum tersebut sesuai dengan paham yang anda ikuti.
Walaupun Kazaga dapat membantu perhitungan zakat anda, namun anda tetap disarankan untuk mengkonsultasikan zakat anda kepada dewan zakat terdekat. Ini ditujukan untuk menghindari kesalahan dan keragu-raguan yang mungkin timbul.
 
Distribusi
Kazaga dapat digunakan dan didistribusikan secara cuma-cuma. Apabila anda merasa Kazaga dapat membantu yang lain, kiranya anda dapat mendistribusikan Kazaga. Baik dengan mengirimkan langsung file Kazaga, ataupun memberi tahukan lokasi homepage kazaga
Jazakallah Khairan Katsira. Semoga Allah membalas segala kebaikan anda.
 
Tanda Mata Uang
Anda mungkin mendapati tanda mata uang yang ditampilkan menggunakan Dollar ($). Ini bukanlah kesalahan, ini disebabkan karena seting regional di komputer anda menggunakan Dollar ($) sebagai tanda mata uang.
Untuk merubahnya pergi ke Control Panel - Regional Options - Currency. Carilah "Currency Symbol" dan rubahlah ke tanda mata uang yang anda gunakan, misalnya Rp. untuk Rupiah.
Tip:
Apabila anda telah selesai, ada baiknya anda mengembalikan ke tanda mata uang semula, karena bila tidak dapat mempengaruhi aplikasi lainnya.


Pada Windows XP pergi ke Control Panel - Regional and Language Options.

Instalasi
Setelah mendownload, buka file kazaga201.zip dengan program seperti Winzip atau WinRAR ke dalam sebuah folder, lalu jalankan setupkzg.exe dan ikuti petunjuk yang diberikan.
Apabila anda mempunyai Kazaga versi sebelumnya, ada baiknya untuk meng-uninstallnya terlebih dahulu.

Pada umumnya Kazaga akan diinstal di folder C:\Program Files\Kazaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Ping

Computers Top Blogs Computers Blogs My Ping in TotalPing.com pingoat_9.gif