Senin, 13 Desember 2010

Cara-cara Promosi Website

Aslinya artikel ini berjudul “ Website promotion Guide ” yang hanya dimuat dan ditampilkan bagi member 000webhost.com, tapi saya mereproduksi ( plus modifikasi ) artikel tersebut karena menurut saya artikel tersebut sangat bermanfaat bagi siapa saja yang baru/sedang membuat serta membangun traffic website.
Metode atau cara mempromosikan website yang dijelaskan dibawah ini terdiri dari 6 ditambah 1 opsi. Anda dapat saja menggunakan salah satu atau bahkan semua metode yang tujuannya sama yaitu promosi. Berikut metode 6 plus 1 Cara Promosi Website :

#1. Search Engine
Natural Search (biasa disebut Organic Search) merupakan tipe traffic dari kebanyakan Search Engine. Jika ada visitor yang melakukan pencarian pada Search Engine dan menemukan website anda pada hasil pencarian, itu artinya anda mendapat Organic Search. Tetapi itu bukanlah hal yang mudah (bahkan sulit) tergantung niche website anda untuk bisa mendapat posisi teratas pada hasil pencarian. Jadi hal yang pertama yang harus dilakukan ketika anda membuat website adalah Submit URL website anda hanya ke Search Engine yang cukup terkenal. Persiapkan sitemap.xml dari website untuk mempercepat proses index. Anda dapat mencari sitemap generator di Search Engine jika website anda tidak memiliki fitur tersebut.

#2. Links Exchange
External Links never hurt. Makin banyak website yang link ke anda, makin banyak traffic yang anda dapatkan. Cukup mudah kan !. Yang perlu anda lakukan adalah mencari website relasi kemudian hubungi dan minta webmaster-nya untuk melakukan tukar-menukar link. Dianjurkan tukar-menukar link hanya dengan website yang berkualitas, karena 1 high quality website lebih baik daripada 10 low quality website. Jadi tolong cantumkan link saya  jika tidak keberatan.

#3. Link Directories
Ada puluhan bahkan mungkin ratusan Direktori Link yang beredar di internet. Beberapa diantaranya disediakan gratis tetapi ada juga yang berbayar. Jika website anda terdaftar pada Direktori Link hal ini tidak hanya menambah traffic website tapi juga dapat meningkatkan ranking website anda pada Search Engine. Free Direktori Link terbesar yang ada di Internet adalah dmoz.org tetapi ia hanya menerima website yang benar-benar memiliki kualitas. Gunakan keyword Link Direktori atau Free Link Directories untuk mencari website yang berhubungan tentang itu. Misal:  dir.web.id

#4. Social Networks
Social Bookmarking Networks memiliki cara kerja yang mirip dengan Link Directories, tetapi ada beberapa perbedaan juga. Perbedaan utama dengan Link Directories adalah tingkat popularitas. Social Networks memiliki ratusan hingga jutaan pengunjung setiap harinya, jadi bisa dibayangkan traffic website yang anda dapatkan kalau masuk didalamnya. Walau demikian untuk menjadi sukses di dalam social networking juga tidak mudah, website anda harus memiliki kualitas dari segi isi. Ketika anda men-submit URL ke social website setiap pengunjung mungkin akan memberikan rating (penilaian) tentang website anda. Misal : technorati.com

#5. Forum
Ada banyak forum webmaster di internet dan kebanyakan dari mereka memiliki topik khusus yang membahas review website. Pada saat anda memposting sebuah pesan tentang website, anda tidak hanya mendapatkan backlink tetapi juga kritik dan saran dari beberapa ahli yang menjadi member forum tersebut. Tentu saja hal ini akan memotivasi anda untuk meningkatkan kualitas website yang anda miliki. Yang menjadi catatan penting ketika mengikuti sebuah forum adalah ikutin aturan main (peraturan) yang dimiliki forum tersebut. Ingat beda forum (bisa jadi) beda aturan !. Jika anda tidak mengikuti aturan main maka jangan heran jika sewaktu-waktu anda dikeluarkan dari forum. Kalau diindonesia yang terkenal kaskus.us

#6. Signature
Kebanyakan blog, website dan forum membolehkan menggunakan signatures. Jika diijinkan cantumkan link anda, karena ini akan menjadi backlink ke website anda.

#7. Offline Promotion ( optional )
Ini tambahan dari saya. Jangan remehkan metode offline promotion. Meskipun kurang manjur, tetapi ini juga merupakan cara untuk mendapatkan traffic ke website anda. Anda bisa mulai menempelkan stiker tulisan URL pada Helm atau mungkin pada kendaraan anda, tetapi jangan lupakan esensi dari penempelan stiker tersebut hingga merusak pandangan. Contoh: Jangan menempel stiker website pada dinding Poskamling dilingkungan rumah anda :)
Well, mungkin masih banyak cara untuk meningkatkan traffic seperti pepatah “Banyak jalan menuju Roma” yang belum saya ketahui. Cara diatas merupakan langkah awal dan sudah terbukti bekerja bagi saya untuk menjadi webmaster. Anda mungkin juga sudah pernah menemukan cara-cara yang mungkin kurang etis untuk mempromosikan website maupun money making online yang tidak perlu diikuti. Jadi….selamat mencoba & semoga bermanfaat.

Sumber :
http://000webhost.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Ping

Computers Top Blogs Computers Blogs My Ping in TotalPing.com pingoat_9.gif